Pages

Wednesday, October 16, 2013

Waspadalah Bahaya Smart phone mengintai ANda

Posted by gosip oke Posted on 11.00Hati-hati bahaya smartphone mengintaiUnikaneh.com -eperti dilansir dari timesofindia.com, sebagian besar pengguna smartphone berusia di bawah 25 tahun. Hal ini didorong oleh keinginan mereka untuk tetap bersosialisasi dengan cepat dan efisien.

walaupun smartphone dirancang untuk membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah, namun nyatanya ketergantungan pada smartphone dapat mengurangi kecerdasan otak manusia. Para ahli mengatakan bahwa penggunaan smartphone yang terus-menerus akan menumpulkan sel-sel otak dan pikiran.

Selain mengurangi kecerdasan otak, berikut dampak negatif lain dari sebuah smartphone.

Mengurangi kemampuan otak untuk mengingat
Pernyataan ini didukung oleh Dr Sangeeta Ravat, Kepala Departemen Neurologi di Seth GS Medical College dan KEM Hospital, India. Ia menemukan bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan akan menyebabkan menurunnya kemampuan otak manusia untuk mengingat. Hal ini terjadi karena kita menjadi terbiasa untuk menyimpan nama, alamat, nomor telepon, dan tanggal penting di smartphone.

Menurunkan kemampuan motorik
Seperti kita ketahui bahwa smartphone dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi permainan. Permainan yang menarik akan membuat para penggunanya semakin terpaku pada smartphone. Akibatnya mereka menjadi tidak aktif dalam menggerakan tubuh dan berakibat pada menurunnya kemampuan motorik.

Merusak fisiologis
Fitur komunikasi yang terdapat di dalam smartphone membuat manusia untuk menjadi multi-tasking atau melakukan segala sesuatunya bersamaan. Hal ini akan memberikan dampak yang buruk bagi fisiologis manusia karena akan meningkatkan stres dan merusak pemikiran kognitif Anda. Selain itu fitur komunikasi yang dapat dengan mudah kita akses dengan ujung jari kita akan membuat kita menjadi kurang responsif dengan lingkungan sekitar.

Smartphone memang menjadi item yang penting saat ini. Cepat, praktis, dan efisien menjadi alasan kenapa smartphone sangat digemari oleh masyarakat saat ini. Namun jadilah pemakai yang bijak. Jangan sampai smartphone menjadikan Anda manusia yang bodoh.

No comments:

Post a Comment